-->

Android Device Manager, Fitur Anti Maling di Android



Pernah kehilangan smartphone karena jatuh atau malah menjadi korban pencurian ?

Mungkin diantara kita pernah mengalami hal yang sangat tidak nyaman yaitu kehilangan smartphone. Banyak orang awam yang menggunakan handphone hanya sekedar untuk komunikasi, multimedia & game, namun diantara fitur tersebut, sebenarnya OS android sendiri memiliki fitur keamanan yang sangat berguna.  

Android Device Manager yaitu aplikasi buatan Google yang bisa diunduh gratis di Google Play Store. Namun rata-rata smartphone sekarang sudah menyertakan aplikasi tersebut secara default bawaan pabrik. 

Kita bisa memanfaatkan aplikasi tersebut  untuk memerintahkan handphone untuk berdering atau mengecek lokasi perangkat anda terakhir, termasuk kita bisa mengunci dan menghapus data-data yang tersimpan di handphone yang hilang.

Untuk mengaktifkan fitur ini pun sangat mudah, sebelumnya handphone android harus disetting seperti berikut : 

  • Handphone android anda harus terkoneksi dengan akun Google anda
  • Anda harus ingat email & password akun Google
  • Handphone android harus terkoneksi dengan internet

1. Mengaktifkan Android Device Manager
  • Setting >Pengamanan >Administrator Perangkat >Pengelola Perangkat Android ( centang )



2. Mengaktifkan Lokasi / GPS 



3. Saatnya Mencoba Melacak Lokasi Handphone Yang Sudah Kita Setting Seperti Di Atas.
  • Melacak menggunakan PC / Komputer
Buka internet browser di komputer boleh menggunkan Mozilla Firefox atau Google Chrome. selanjutnya kunjungi https://www.google.com/android/devicemanager . 
Anda diminta untuk memasukan alamat email & sandi,ingat harus sesuai dengan akun google pada handphone android yang ingin anda lacak. 

Setelah berhasil login/masuk anda akan melihat gambar seperti dibawah ini,

Di atas terlihat tipe handphone dan disebelahnya adalah peta yang menunjukan lokasi keberadaan handphone yang sedang kita lacak.

Selain itu ada 3 pilihan yang dapat kita jalankan :

1. Deringkan
Fitur ini memungkinkan kita untuk membuat handpone berdering dari jarak jauh, dan bunyi dering seperti saat ada panggilan masuk. Fitur ini akan membuat handphone berdering selama 5 menit.


2. Kunci 

Fitur ini dapat mengunci handphone android tersebut dari jarak jauh dengan sandi yang kita buat baru, walaupun sebelumnya perangkat tersebut belum ada sandinya. Dengan sandi yang dibuat baru tersebut, perangkat anda tidak akan bisa dibuka atau diakses orang lain. Sehingga walaupun handphone hilang data tetap aman.


3. Hapus

Fitur ini memungkinkan kita unutk menghapus semua data yang terdapat pada handphone seperti file dokumen, foto,musik, video, dll. Dan juga akan mengembalikan settingan handphone secara default seperti baru dari pabrik. Namun perlu diingat fitur ini tidak dapat menghapus data pada SD Card / memori external handphone.


Demikian salah satu fitur keamanan yang dimiliki android. Untuk berjaga-jaga dikemudian hari sebaiknya aktifkan Android Device Manager nya seperti cara di atas. Jikalau suatu saat perangkat kita hilang maka mudah untuk ditemukan. 

Labels: aplikasi

Terima kasih sudah membaca Android Device Manager, Fitur Anti Maling di Android. Bagikan artikel ini jika anda suka.