-->

Tablet Google Pixel Slate, Ditenagai Intel Core i7 dan Chrome OS

Sejak terakhir kali seri Nexus 9 keluar pada tahun 2014, Google tidak pernah lagi mengeluarkan produk tablet. Hingga akhirnya pada Oktober 2018 ini Google resmi memperkenalkan tablet terbarunya yang diberi nama Pixel Slate. Untuk sistem operasi yang digunakan pada tablet ini bukan lagi Android melainkan Chrome OS.

Google Pixel Slate memiliki desain yang cukup ramping dengan ketebalan hanya 7 mm saja, sedangkan material bodinya terbuat dari aluminium dengan berat total tablet ini yakni 721 gram. Di bagian depan disematkan speaker stereo yang terletak di samping kiri dan kanan layar.

Sedangkan layarnya menggunakan panel LCD seluas 12,3 inci beresolusi 3000 x 2000 piksel dengan kerapatan layarnya hingga 293 ppi. Untuk saat ini resolusi layar pada Pixel Slate merupakan yang tertinggi untuk ukuran tablet 12 inci. Dan yang terpenting layar sentuhnya kompatibel dengan stylus Pixelbook Pen yang dirilis tahun lalu.
Layar Google Pixel Slate
Google Pixel Slate

Selain desain dan layar, untuk urusan performa tablet terbaru Google ini bisa dikatakan sangat powerfull, mengingat spesifikasi yang ditanamkan di dalamnya cukup baik. Untuk varian tertingginya menggunakan prosesor Intel Core i7 8th Gen yang padukan dengan RAM 16 GB dan penyimpanan SSD 256 GB.

Fitur keamanan berupa fingerprint juga hadir pada tablet ini, sedangkan sektor fotografi mengandalkan kamera utama beresolusi 8 MP ƒ/1.8 dan kamera depan beresolusi 8 MP ƒ/1.9.

Untuk menunjang aktifitas pengguna, Google Pixel Slate dibekali baterai 48Wh yang diklaim mampu bertahan hingga 12 jam penggunaan normal. Pada tablet ini terdapat dua port USB Type-C, salah sutunya untuk mengisi daya dan satunya lagi untuk penghubung tablet ke layar eksternal.

Pembaruan pada sistem operasi Chome OS yakni sudah mendukung Google Asistant dan dapat menjalankan aplikasi Android dari Play Store.

Tablet Pixel Slate
Google Pixel Slate dengan Stylus dan Keyboard

Membahas harga, Google menghadirkan Pixel Slate dengan beberapa pilihan harga dan spesifikasi antara lain.

  • Intel® Celeron® Processor, RAM 4 GB dan SSD 32 GB / RAM 8 GB dan SSD 64 GB. Harga mulai USD 599 atau jika dirupiahkan sekitar Rp9 jutaan.
  • 8th Gen Intel® Core™ m3 Processor, RAM 8 GB dan SSD 64 GB, Harga mulai USD 799 atau jika dirupiahkan sekitar Rp12 jutaan.
  • 8th Gen Intel® Core™ i5 Processor, RAM 8 GB dan SSD 128 GB, Harga mulai USD 999 atau jika dirupiahkan sekitar Rp15 jutaan.
  • 8th Gen Intel® Core™ i7 Processor, RAM 16GB dan SSD 256GB, Harga mulai USD 1,599 atau jika dirupiahkan sekitar Rp24 jutaan.

Google juga menjual aksesoris secara terpisah, keyboard dijual seharga USD 199 ( Rp3 jutaan ) dan untuk pensil stylus dijual seharga USD 99 ( Rp1,5 jutaan).

Dengan desain ramping dan beratnya yang ringan, Google Pixel Slate mudah untuk dibawa kemana-mana. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan Pixel Slate seperti mengetik pekerjaan, melakukan banyak kegiatan multimedia dan sangat cocok untuk pengguna yang gemar membuat konten digital seperti menggambar dan lain sebagainya.

Labels: gadget

Terima kasih sudah membaca Tablet Google Pixel Slate, Ditenagai Intel Core i7 dan Chrome OS. Bagikan artikel ini jika anda suka.